SELUMA

Meski Hama Wereng Melanda Seluma Selatan dan Talo, Stok Beras Tetap Aman

SELUMA – Meski hama wereng tengah melanda dua kecamatan penghasil beras di Kabupaten Seluma, yakni Seluma Selatan dan Talo, namun stok kebutuhan beras di masa tanam dan triwulan ketiga masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kendati demikian, diakui Kabid Pertanian Dinas Pertanian Seluma Joko Voliantoro keberadaan hama mempengaruhi hasil panen. Tapi ia menjamin ketersediaan pangan untuk 20 ribu warga Seluma masih tercukupi.

“Memang mengurang, namun masih cukup untuk memenuhi kebutuhan warga,” sebut Joko.

Adapun kawasan persawahan yang diserang hama wereng adalah Lubuk Gio, Sido Mulyo, Sukarami, Padang Merbau, Air Latak, dan Padang Genting. Sedangkan pada Agustus lalu, hama wereng juga menyerang Kembang Mumpo, Durian Bubur, Muara Danau, Lubuk Gio, dan Kembang Seri.

Para petani sudah melaporkan hal ini dan meminta bantuan pestisida yang juga sudah disalurkan ke petani lewat kelompok tani.

Untuk itu Joko mengimbau, dalam rangka menghadapi hama dan menghindari tingkat kerugian yang lebih besar, kelompok tani dan petani diharapkan bisa bergabung untuk mengasuransikan kawasan persawahan mereka. Sebab dengan bergabung, petani akan mendapatkan bantuan pembasmi hama yang disubsidi pemerintah. (anto)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close