POLITIK

Swab Test Seluruh Penyelenggara Pilkada

POLITIK – Seluruh penyelenggara pemilu atau pilkada, baik KPU maupun Bawaslu, dari pusat hingga ke TPS disarankan untuk swab test.

Pengamat Sosial Agustam Rachman mengatakan, saat ini wabah Covid-19 semakin menunjukkan perkembangan yang mengkhawatirkan. Secara nasional per 5 Agustus 2020 angka penderitanya sudah di atas 100 ribu.

“Sudah saatnya pemerintah memikirkan supaya penyelenggara pemilu/pilkada, KPU dan Bawaslu beserta jajarannya sampai ke tingkat desa se-Provinsi Bengkulu di-swab test, untuk memastikan apakah terjangkit Covid- 19 atau tidak,” kata Agustam, Rabu, 5 Agustus 2020.

Bertujuan guna mengantisipasi hal-hal yang bisa menghambat kelancaran tahapan pilkada. Jangan sampai lengah, lanjut Agustam, sebab sekarang ini banyak OTG (Orang Tanpa Gejala).

Jika hanya dilakukan rapid test, menurutnya kurang valid dan idealnya harus swab test. Apalagi, semakin mendekati hari H pilkada para penyelenggara semakin sering kontak erat dengan masyarakat.

“Ini harus jadi perhatian kita semua,” tukasnya.

Selain itu, ia juga menyarankan para penyelenggara yang baru selesai sosialisasi dan kontak erat dengan banyak masyarakat diberi libur atau karantina mandiri selama 14 hari.

“Karena melindungi keselamatan nyawa penyelenggara sama halnya dengan melindungi masyarakat secara luas,” ujar Agustam. (ardi)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close